Berita

SMK PERTANIAN PEMBANGUNAN NEGERI KUPANG

SMK Kementan Siap Tingkatkan Kompetensi 82 Siswa-Siswi Baru dari Daratan NTT

SMK Kementan Siap Tingkatkan Kompetensi 82 Siswa-Siswi Baru dari Daratan NTT

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) adalah program yang dirancang untuk membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah yang baru. Program ini tidak hanya berfungsi untuk mengenalkan fasilitas dan aturan sekolah, tetapi juga untuk membangun rasa kebersamaan dan semangat belajar di kalangan siswa. Kegiatan yang dilaksanan pada 6-8 Agustus 2024 ini diikuti oleh 80 peserta didik baru kelas X.

Tujuan MPLS ialah memperkenalkan lingkungan sekolah dimana siswa baru dikenalkan dengan berbagai fasilitas sekolah seperti ruang kelas, perpustakaan, laboratorium, dan ruang-ruang lainnya. Kemudian siswa diberi pemahaman mengenai aturan yang harus diikuti selama bersekolah. Selain itu menanamkan nilai-nilai positif karena MPLS juga bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai disiplin, tanggung jawab, dan kemandirian.

Amran Sulaiman, Menteri Pertanian (Mentan) mengungkapkan bahwa MPLS di sekolah vokasi dapat digunakan untuk memperkenalkan siswa pada budaya kerja yang profesional. “Siswa diajarkan tentang etika kerja, kedisiplinan, tanggung jawab, dan sikap proaktif yang penting dalam dunia kerja. Pengenalan ini membantu siswa mengembangkan pola pikir yang siap untuk menghadapi tuntutan dan dinamika di tempat kerja,” tutur Amran.

Di lain kesempatan Dedi Nursyamsi, Plt. Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPPSM) Pertanian mengatakan sekolah vokasi dapat mengadakan simulasi lingkungan kerja yang sesuai dengan bidang studi masing-masing. “Siswa bisa diajak ke lahan, kandang atau laboratorium, sesuai jurusan masing-masing untuk mengenal alat dan mesin yang biasa digunakan di dunia industri. Hal ini memberikan gambaran nyata tentang kondisi kerja yang akan mereka hadapi di masa depan,” tambah Dedi.

Bogarth Watuwaya, Kepala SMK-PP Negeri Kupang menyampaikan Selama MPLS, siswa seringkali mendapatkan motivasi yang menginspirasi. Motivasi ini sangat penting untuk membantu siswa memulai tahun ajaran baru dengan semangat dan tekad untuk mencapai prestasi akademis yang baik. “Secara keseluruhan, MPLS memainkan peran penting dalam membantu siswa baru beradaptasi, mengenal lingkungan sekolah, membangun persahabatan, menanamkan nilai-nilai positif, mengurangi kecemasan, dan meningkatkan motivasi belajar,” ujarnya.

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah merupakan langkah awal yang penting bagi setiap siswa baru. Dengan persiapan yang baik dan dukungan dari pihak sekolah, MPLS dapat menjadi pengalaman yang menyenangkan dan bermanfaat, serta menjadi fondasi yang kuat untuk perjalanan akademis siswa ke depan.
Share: