Toreh Prestasi Siswa Smk PP Kementan Juara O2SN Se-Kabupaten Kupang

Toreh Prestasi Siswa Smk PP Kementan Juara O2SN Se-Kabupaten Kupang

Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) SMA/SMK/MA merupakan ajang talenta di bidang Olahraga yang diselenggarakan untuk peserta didik jenjang SMA/SMK/MA.

Pada tahun 2024, kegiatan ini mulai digelar sejak 23-25 April khusus untuk Kabupaten Kupang. Salah satunya Sekolah Menengah Kejuruan Pertanian dan Pembangunan (SMK-PP) Negeri Kupang turut berpartisipasi dalam lomba ini dengan mengirimkan perwakilan peserta didik putra yaitu Eka Saputra Umbu Dayi dan putri yaitu Putri Yani Lenamah. Keduanya merupakan peserta didik yang berasal dari program studi Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura (ATPH).

Keikutsertaan SMK-PP Kupang dalam kegiatan ini merupakan ajang pembuktian bahwa walaupun sekolah pertanian, ada peserta didik yang memiliki bakat dalam bidang olahraga.

Hal ini membuktikan bahwa menjadi petani perlulah memiliki fisik dan tenaga yang prima melalui olahraga.

Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman mengungkapkan kebanggaannya terhadap beberapa prestasi yang diraih oleh calon petani muda ini.

“Di sekolah tidak hanya belajar saja, tapi berprestasi dalam bidang olahraga bisa membuat anak-anak muda lebih bersemangat dalam menjaga pertahanan Indonesia”, ujar Mentan

Dedi Nursyamsi, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengambangan SDM Pertanian (BPPSDMP) mengatakan peserta didik yang merupakan calon petani milenial sebetulnya yang paling berperan sangat strategis di dalam pembangunan pertanian Indonesia.

“Petani zaman now itu selain harus pintar, fisik merekapun harus dilatih agar tidak mudah tumbang,” jelas Dedi.

Bogarth Watuwaya yang merupakan Kepala SMK-PP Kupang mengungkapkan rasa gembira sekaligus haru ketika mendengar hal tersebut.

Ia menyampaikan Prestasi apapun dapat diraih dengan kerja keras.

“Anak-anak ini semenjak dalam masa seleksi, mereka berlatih dengan keras, panas terik matahari bukan jadi halangan bagi mereka untuk berprestasi selain di bidang pertanian. Karena itu saya sangat bangga,” ungkapnya.

Lomba yang diikuti oleh kedua peserta didik tersebut ialah Panca Lomba (Lari 100 m, Lompat Jauh. Lari 400 m, Lempar Lembing, Tolak Peluru).

Juara akan dihitung dari rata-rata lima lomba tersebut. Diikuti sebanyakk 65 sekolah di Kabupaten Kupang, Eka berhasil menyabet juara 2 dan Putri berhasil ada di urutan kelima.

Hal ni merupakan prestasi yang sangat membanggakan bagi SMK-PP Kupang. Semoga kedepannya akan ada banyak prestasi yang ditorehkan oleh peserta didik, tidak hanya dari bidang olahraga, tetapi juga bidang akademik.

Share: